Tuesday, May 7, 2013

Strategi Pemasaran : Marketing Mix


Setelah membuat perencanaan bisnis, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyusun strategi pemasaran. Sebaiknya strategi disusun berdasarkan hasil observasi pasar sehingga langkah-langkah yang akan dilakukan akan lebih terukur hasilnya. Untuk strategi pemasaran, ada istilah “marketing mix” yang dipopulerkan oleh Philip Kotler dan Gary Amstrong, disingkat dengan istilah “4Pyakni product-price-place-promotion.

Product (produk) yakni menentukan apa yang akan dijual, baik dalam bentuk jasa maupun barang. Sebaiknya produk yang ditentukan merupakan hasil analisa kebutuhan pasar yang dituju, jangan malah sebaliknya menyiapkan produk yang belum tahu pasarnya di mana.  Hal yang utama dalam menyiapkan produk adalah mutu (kualitas) dan kemasannya yang paling menentukan laku/tidaknya.

Price (harga) yakni menentukan harga yang wajar sehingga diperoleh penjualan maksimal sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan. Penentuan harga juga harus memperhatikan faktor internal (harga pokok produksi) dan faktor eksternal (harga kompetitor). Jika barang yang dijual adalah jasa maka faktor yang harus diperhitungkan adalah “intelectual property” yang nilainya sangat bergantung pada faktor eksternal.

Place (tempat) yakni menentukan tempat melakukan usaha. Strategi ini penting untuk bisnis yang bersifat retail atau menjual barang kebutuhan sehari-hari seperti kuliner, baju, dll.  Namun demikian, dengan perkembangan teknologi “toko online” maka peran ini mulai terkikis dan bergeser ke strategi distribusi (pengiriman cepat atau tepat waktu).  Untuk memulai usaha, cukup memperkuat kualitas dan diferensiasi produknya saja, sementara ketepatan memberikan jadual pengiriman akan mendapat kepercayaan pembeli.


Promotion (promosi) yakni bagaimana strategi komunikasi yang efektif kepada konsumen sehingga meningkatkan penjualan produk. Caranya bermacam-macam misalnya dengan memberikan diskon pada waktu tertentu, sistem paket (bundling product), pasang iklan, dll. Kemajuan teknologi informasi telah membuat promosi lebih murah dan terjangkau luas yakni dengan adanya social media (facebook, twitter, linkedIn, dll). Kunci utama untuk melakukan promosi menggunakan social media adalah komunitas. Makin banyak atau besar komunitas yang diikuti maka makin mudah promosi yang dilakukan

Social Media telah membuat kemudahan luar biasa bagi pebisnis pemula dalam hal mempromosikan produk yang dijualnya....sekarang tidak perlu modal besar lagi untuk memulai usaha....START ANYTIME....

No comments:

Post a Comment